Update Cyan Bikin Baterai Lumia Lebih Awet

8/16/2014

Ini adalah hasil pengamatan yang dilakukan di 5 versi Windows Phone yang berbeda, yaitu WP 8, WP 8.1 DP1, WP 8.1 DP2, WP 8.1 DP3. dan WP 8.1 Lumia Cyan. Hasil dari pegamatan tersebut menunjukkan bahwa smartphone yang sudah diupdate ke Windows Phone 8.1 (Lumia Cyan) baterainya jauh lebih awet dibandingkan dengan versi lainnya. Ini bukti bahwa Windows Phone 8.1 final dari Lumia Cyan paling efisien dalam hal penggunaan daya.
Smartphone yang dijadikan pengujian adalah Lumia 1020. Dengan menggunakan OS Windows Phone 8, baterai smartphone tersebut sudah berada dibawah 50% setelah penggunaan selama 15 jam. Hal ini sangat berbeda setelah Lumia tersebut diupdate ke Windows Phone 8.1 Cyan. Dengan penggunaan yang sama sekitar 15 jam, ternyata baterai masih berada pada titik 75%.

Hal yang sangat mengejutkan terjadi ketika Lumia menggunakan WP 8.1 Developer Preview 1. Penggunaan baterai saat menggunakan OS tersebut terlihat sangat boros. Bahkan baterai sudah berada dibawah 25% dalam penggunaan sekitar 15 jam!
Kesimpulan dari pengamatan ini adalah Windows Phone 8.1 sudah jauh lebih hemat baterai dan efisien dalam hal penggunaan daya dibandingkan dengan Windows Phone 8. Beberapa fitur seperti Freeze yang tadi kita kabarkan mungkin turut membantu hematnya penggunaan daya oleh OS tersebut.
Kesimpulan lainnya adalah bahwa kamu sebaiknya tidak menggunakan WP versi Developer Preview untuk keperluan sehari-hari. Versi developer preview masih memiliki banyak bug yang tentu saja belum stabil dan seefisien versi finalnya.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »